SILABUS
Nama Sekolah : PPPP TK PKn dan IPS Batu
Kelas/Jurusan : XII/IPS
Semester : 1
Alokasi waktu : 45 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat | Nilai Karakter | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||
1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan | · Komponen peta. · Prinsip dasar peta dan pemetaan | Tatap Muka: · Menggali informasi melalui pengamatan gambar untuk menjelaskan konsep peta · Melalui kegiatan tanya jawab dapat membedakan konsep peta dengan pemetaan, · Melalui kegiatan diskusi dan penggunaan LKS, dapat mengidentifikasi komponen peta dan prinsip dasar peta Tugas Terstruktur: · Secara individu mengidentifikasi komponen peta pada atlas Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur: · Secara individu, siswa melengkapi peta yang komponennya belum lengkap | Menjelaskan konsep peta Membedakan konsep peta dengan konsep pemetaan Mengidentifikasi komponen-komponen peta Mengidentifikasi prinsip dasar peta | Tes : Lisan bentuknya tanya jawab Non tes : Pengamatan aktivitas (sikap) | 6 x 45 | Sumber:Aryono Prihandito, (1989). Kartografi. Yogyakarta: Mitra Gama Widya Buku paket Geografi Kelas XII SMA Bahan/alat: Gambar Peta LKS Kartu-kartu pembelajaran. | Gemar membaca, tanggung jawab, rasa ingin tahu, | ||
1.2 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan | · Komponen peta · Prinsip dasar peta dan pemetaan | · Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur · Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan · Secara kelompok membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan Tugas Terstruktur · Melakukan pengukuran lokasi sekolah. · Merumuskan data hasil pengukuran · Membuat peta hasil pengukuran di lapangan. Kegiatan kelompok ü Membuat peta wilayah sekolah | · Membuat laporan data hasil pengukuran · Merumuskan data hasil pengukuran · Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 6x45 | Sumber : Aryono Prihandito (1989) Kartografi Yogyakarta : Mitra Gama Widya Buku Geografi yang relevan Modul LKS Bahan/Alat : Atlas Globe Tanah Kompas Meteran | Gemar membaca peta Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, | ||
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan memanfaatan peta | · Klasifikasi industri · Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Mengidentifikasi factor penyebab gejala agrlomerasi industri · Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi · Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian | · Secara individu, mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu dari berbagai referensi · Secara kelompok menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganallisis lokasi industri · Secara kelompok diskusi tentang penentuan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Secara kelompok mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian · Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian Tugas Terstruktur · Mencari informasi tentang salah satu produksi pertanian ( Lembar Kegiatan Siswa) Tugas Kelompok Ø Membuat peta tematik untuk mendiskusikan manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian ( Lembar Kegiatan Siswa) | · Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu · Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri · Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian · Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian | Jenis tagihan : Test kelompok Ulangan kuis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Portofolio | 9x45 | Sumber : Liilesand dan Kiefer (1979) remote Sensing and image interpretation. New York : John Willy and Son Buku Greografi yang relevan Modul LKS Bahan/Alat : Citra pengindraan jauh Foto udara | Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, | ||
2.Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat | Nilai Karakter | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh | · Pengertian pengindraan jauh · Unsur-unsur citra pengindraan jauh · Pemanfaatan citra pengindraan jauh | · Mengungkap kembali pengertian pengindraan jauh dari beberapa referensi secara mandiri · Secara kelompok mengamati unsur-unsur citra pengindraan jauh dari citra yang tersedia · Secara kelompok mengidentifikasi manfaat citra pengindraan jauh · Membuat kliping tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh dalam kasus tanah longsor (misalnya : kasus tanah longsor di Trenggalek) Tugas Terstruktur v Secara individu mengidentifikasi manfaat citra penginderaan jauh. Tugas Mandiri tidak terstruktur § Secara individu membuat kliping pemanfaatan citra penginderaan jauh mengenai bencana alam. | · Menjelaskan pengertian pengindraan jauh · Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh · Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan jauh · Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh (missal : kasus tanah longsor di Trenggalek) | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur PG | 9x45 | Sumber : Prahasta Eddy (2001). Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung Informatika Modul LKS Buku Geografi lain yang relevan Kunjungan ke Bakosurtanal dan LAPAN | Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, | ||
2.2 Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) | · Konsep dasar dan komponen SIG | · Mengungkap kembali konsep dasar SIG dari berbagai referensi secara mandiri · Secara kelompok mengidentifikasi komponen SIG · Secara kelompok menentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG | · Merumuskan konsep dasar SIG · Mengidentifikasi komponen-komponen SIG · Tahapan Kerja SIG · Melakukan tahapan kerja SIG | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas individu Ulangan | 6x45 | Sumber : Prahasta Eddy (2001). Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung Informatika Kunjungan ke Bakosurtanal dan LAPAN | Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, | ||
· Tahapan kerja SIG Pengoperasian SIG secara konvensional · Penerapan SIG dalam kajian geografi · Manfaat SIG dalam kajian geografi | · Secara kelompok melakukan observasi ke kalurahan terdekat mencari data tentang kependudukan · Secara kelompok mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang · Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu · Secara kelompok membuat peta tematix tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian, dll · Melakukan kegiatan megoverlaykan transparansi peta demi peta · Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta · Secara kelompok berdiskusi · Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi · Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi usaha (misalnya : pendirian usaha warnet/foto copy) · Mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi | · Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi · Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy · Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi | Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan | 9 x45 | Alat dan Bahan : Perangkat keras SIG/computer Perangkat lunak SIG Peta/Atlas Plastik transparan Spidol warna transparan Sablon | Kerja keras. Jujur. saling menghargai orang lain inovatif, | |||
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP : .................................... | | Batu, 16 November 2011 Guru mapel Geografi (_________________________) NIP : .................................... |