RPP DAN SILABUS

SILABUS

Nama Sekolah            :  PPPP TK PKn dan IPS Batu
Kelas/Jurusan              : XII/IPS
Semester                      : 1
Alokasi waktu             : 45 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1.  Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan



Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran



Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu
(menit)

Sumber/
Bahan/Alat


Nilai Karakter
1
2
3
4
5
6
7
8


1.1.   Mendeskripsikan  prinsip-prinsip dasar peta dan
pemetaan


·      Komponen peta.


·      Prinsip dasar peta dan pemetaan










Tatap Muka:
·     Menggali informasi melalui pengamatan gambar untuk menjelaskan konsep peta
·     Melalui kegiatan tanya jawab dapat membedakan konsep peta dengan pemetaan,
·     Melalui kegiatan diskusi dan penggunaan LKS, dapat mengidentifikasi  komponen peta dan prinsip dasar  peta

Tugas Terstruktur:
·     Secara individu mengidentifikasi komponen peta pada atlas
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
·     Secara individu, siswa melengkapi peta yang komponennya belum lengkap

Menjelaskan  konsep peta

 Membedakan konsep peta dengan konsep pemetaan

Mengidentifikasi komponen-komponen peta

Mengidentifikasi prinsip dasar peta


Tes :
Lisan bentuknya tanya jawab

Non tes :
Pengamatan aktivitas (sikap)







 6 x 45












Sumber:Aryono Prihandito, (1989).  Kartografi. Yogyakarta: Mitra Gama Widya
Buku paket Geografi Kelas XII SMA

Bahan/alat:
Gambar Peta
LKS
Kartu-kartu pembelajaran.


Gemar membaca, tanggung jawab, rasa ingin tahu,

1.2 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

·      Komponen peta

·      Prinsip dasar peta dan pemetaan

·          Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur
·          Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan
·          Secara kelompok membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

Tugas Terstruktur
·         Melakukan pengukuran lokasi sekolah.
·         Merumuskan data hasil pengukuran
·         Membuat peta hasil pengukuran di lapangan.
Kegiatan kelompok
ü  Membuat peta  wilayah sekolah
·          Membuat laporan data hasil pengukuran

·          Merumuskan data hasil pengukuran

·          Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
6x45
Sumber :
Aryono Prihandito (1989) Kartografi Yogyakarta : Mitra Gama Widya
Buku Geografi yang relevan
Modul
 LKS
Bahan/Alat :
Atlas
Globe
Tanah
Kompas
Meteran

  Gemar membaca peta
  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,


1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan memanfaatan peta
·          Klasifikasi industri
·          Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Mengidentifikasi factor penyebab gejala agrlomerasi industri
·          Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi
·          Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian

·          Secara individu, mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu dari berbagai referensi
·          Secara kelompok menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganallisis lokasi industri
·          Secara kelompok diskusi tentang penentuan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Secara kelompok mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
·          Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian


Tugas Terstruktur
·         Mencari informasi tentang salah satu produksi pertanian ( Lembar Kegiatan Siswa)

Tugas Kelompok
Ø  Membuat peta tematik untuk mendiskusikan manfaat peta dalam  menganalisis lokasi industri dan pertanian ( Lembar Kegiatan Siswa)
·          Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu
·          Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
·          Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
·          Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

Jenis tagihan :
Test kelompok
Ulangan kuis



Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Portofolio

9x45
Sumber :
Liilesand dan Kiefer (1979) remote Sensing and image interpretation. New York : John Willy and Son


Buku Greografi yang relevan
Modul
LKS
Bahan/Alat :
Citra pengindraan jauh
Foto udara

  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,














2.Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)



Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran



Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu
(menit)

Sumber/
Bahan/Alat


Nilai Karakter
1
2
3
4
5
6
7
8

2.1   Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
·          Pengertian pengindraan jauh

·          Unsur-unsur citra pengindraan jauh

·          Pemanfaatan citra pengindraan jauh

·          Mengungkap kembali pengertian pengindraan jauh dari beberapa referensi secara mandiri
·          Secara kelompok mengamati unsur-unsur citra pengindraan jauh dari citra yang tersedia
·          Secara kelompok mengidentifikasi manfaat citra pengindraan jauh
·          Membuat kliping tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh dalam kasus tanah longsor (misalnya : kasus tanah longsor di Trenggalek)

Tugas Terstruktur
v  Secara individu mengidentifikasi manfaat citra penginderaan jauh.
Tugas Mandiri tidak terstruktur
§  Secara individu membuat kliping pemanfaatan citra penginderaan jauh mengenai bencana alam.
·          Menjelaskan pengertian pengindraan jauh
·          Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh
·          Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan jauh
·          Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh (missal : kasus tanah longsor di Trenggalek)
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
PG

9x45
Sumber :
Prahasta Eddy (2001). Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung Informatika
Modul
LKS
Buku Geografi lain yang relevan
Kunjungan ke Bakosurtanal dan LAPAN
  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

2.2   Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)
·          Konsep dasar dan komponen SIG





·          Mengungkap kembali konsep dasar SIG dari berbagai referensi secara mandiri
·          Secara kelompok mengidentifikasi komponen SIG
·          Secara kelompok menentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG
·          Merumuskan konsep dasar SIG
·          Mengidentifikasi komponen-komponen SIG

·          Tahapan Kerja SIG


·          Melakukan tahapan kerja SIG

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur

Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
6x45
Sumber :
Prahasta Eddy (2001). Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung Informatika

Kunjungan ke Bakosurtanal dan LAPAN
  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

·          Tahapan kerja SIG
Pengoperasian SIG secara konvensional















·          Penerapan SIG dalam kajian geografi
·          Manfaat SIG dalam kajian geografi


·          Secara kelompok melakukan observasi ke kalurahan terdekat mencari data tentang kependudukan
·          Secara kelompok mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang
·          Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu
·          Secara kelompok membuat peta tematix tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian, dll
·          Melakukan kegiatan megoverlaykan transparansi peta demi peta
·          Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta
·          Secara kelompok berdiskusi
·          Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi

·          Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi usaha (misalnya : pendirian usaha warnet/foto copy)
·          Mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi
·          Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi

















·          Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy
·          Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan
















Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan
9 x45
Alat dan Bahan :
Perangkat keras SIG/computer

Perangkat lunak SIG
Peta/Atlas
Plastik transparan
Spidol warna transparan
Sablon

  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,













Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP : ....................................

Batu, 16 November 2011
Guru mapel Geografi



(_________________________)
NIP : ....................................