27.11.11

SKL DAN KISI UN

 STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN UN GEOGRAFI 2011/2012
 SKL DAN KISI -KISI SOAL UN  : Down Load Kisi SOAL UN 2011/2012 semua mata pelajaran SMP Dan SMA
IPA :  Bahasa Indonesia ,Bahasa Inggris ,Matematika ,Fisika,Kimia,Biologi,
IPS :  Bahasa Indonesia ,Bahasa Inggris,Matematika, Ekonomi,Sosiologi,Geografi,




NO     KOMPETENSI     INDIKATOR
1.     Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.         
        Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji 
        fenomena geosfer.
2.     Menganalisis sejarah pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.     Mendeskripsikan proses
        pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
        Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.
3.     Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
        Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
        Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia
        Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan.
        Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
4.     Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia.     Mengidentifikasi
        sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.
        Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
5.     Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.     Menganalisis pemanfaatan dan
        pelestarian lingkungan hidup.
        Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.
6.     Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.     Menerapkan  
        keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
        Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
7.     Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media
        informasi fenomena geosfer.
        Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
        Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
8.     Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia.  
        Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa, desa-kota, dan kota-kota.
        Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
        Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.


Contoh Kisi Kisi SOAL berdasarkan SKL UN  Geografi Tahun 2010  pahami dan kembangkan dalam bentuk soal  odyektif .

SKL  MATERI NO INDIKATOR Siswa dapat 
1 PRINSIP, KONSEPASPEKPNDEKATAN  1  menganalisa prinsip dalam geografi
2  menerapkan Konsep dalam geografi
3 mengidentifikasi aspek dalam geografi
4 menggunakan pendekatan geografi
2 TATA SUTYA DAN JAGAD RAYA 5 menganalisa pergerakan lempeng ( gambar )
6 menjelaskan bukti pergerakan lempeng ( teori kontinental drif )
7 menjelaskan salah satu terjadinya tata surya ( nebula, dll)
8 mendiskripsikan akibat gerakan planet : rotasi,revolusi
9 menganalisa terjadinya jagad raya (teori big bang ,keadaan tetap )
10 mengidentifikasi anggota tata surya ( galaxy )
3 LITHOSFERA 11 menganalisa muka bumi tektonik ( patahan,lipatan ) ( gambar )
12 menganalisa hasil pengerjaan tvulkanik ( bentuk gunung api )
13 menjelaskan istilah dalam seisme (gempa )
PEDHOSFERA 14 Menjelaskan faktor pembentukan tanah dan jenis tanah
15 Mendiskripkan upaya pelestarian tanah ( mekanik dan vegetatif )
ATMOSFERA 16 Menganalisa grafik lapisan atmosfer
17 menganalisa jenis angin ( lokal ,Fohn,laut,darat )
18 mengidentifikasi iklim menurut Kopen ( ciri-ciri )
HIDROSFERA 19 Menganalisa lapisan air tanah dan jenisnya gambar )
20 mengidentifikasi pola aliran sungai ( rektangular,ptrelis dll
21 menjelaskan manfaat danau dan prosesnya
22 mengidedentifikasi morfologi laut ( continental self,zone laut)
BIOSFERA 23 menganalisa persebaran fauna di dunia
24 Menganalisa jenis fauna di indonesia dan persebaranya
25 Mendiskripsikan upaya pelestarian flora dan fauna ( T.Naional,Suaka alam,dll)
ANTROPOSFER 26 Mendiskripsikan rasio ketergantungan ( DR,CBR )
27 Kenganalisa bentuk piramida penduduk berkaitan dengan kebutuhanya
4 SUMBER DAYA ALAM 28 Menjelaskan faktor yang mempengaruhi Sumber daya alam 
29 mengidentifikasi klasifikasi sumber daya alam Gol A ,Fosil )
30 mendiskripsikan persebaran mineral ( tembaga ,Aluminium )
31 mendiskripsikan pemanfaatan sumber daya alam ( tambang )
32 Mendiskripsikan pemanfaatan mineral
5 LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN 33 Mendiskripsikan pemgertian Lingkungan hidup dan upaya pelestarianya
34 Menganalisa dampak kerusakan lingkungan hidup
35 Mengidetifikasi lonsep kelestarian Lingkungan hidup dalam pendekatan sosial
36 Mendiskripsikan Pembangunan berkelanjutan
6 PETA DAN PEMETAAN 37 Mendiskripsikan langkah pembuatan peta ( Iklim,peta denah,kepadatan penduduk )
38 Menganalisa penentuan skala peta melalui ( Grs bujur,perbandingan peta )
39 Menganalisa peta Topografi ( garis Kontour )
PETA INDUSTRI 40 Menganalisa lpenentuan lokasi industri ( orientasi gambar)
7 IDRAJA DAN SIG  41 Mengidentifiksi hasil penmantauan penginderaan jauh( obyek apa)
42 Mendiskripsikan fungsi komponen indraja 
43 Mendiskripsikan sumber data SIG ( Terestrial Atribut  )
44 Mendiskripsikan manfaat SIG dalam Kehidupan ( Bidang Meteorologi dll )
8 POLA KERUANGAN DESA - KOTA 45 Mendiskripsikan pola keruangan desa ( faktor desa )
46 Mendiskripsikan  klasifikasi desa ( swa daya,swa Karya,swa sembada )
47 Menganalisa dampak Interaksi desa dan kota
PUSAT PERTUMBUHAN 48 menganalisis Wilayah  dan  faktor yang mempengaruhi pusat pertumbuhan 
NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG  49 Mendiskripsikan Faktor negara maju dan berkembang
50 Menganalisa Persebaran negara maju dan berkembang dengan peta



SELAMAT  MEMPELAJARI 



SEMOGA MEMBUAHKAN  KEBERHASILAN







RAIH PRESTASI WUJUD SUATU PRESTASI







 DENGAN BELAJAR GIAT,TEKUN,SERING BERLATIH 



KEMUDAHAN DAN KEBERHASILAN DAN KESUKSESAN  AKAN DAPAT KITA RAIH



BAIK DIMASA SEKARANG MAUPUN YANG AKAN DATANG

ANALISIS KISI KISI SOAL UN
MATERI

INDIKATOR SOAL

Prinsip Dasar Geografi

Disajikan suatu kasus fenomena alam ,siswa dapat menentukan prinsip geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut
Konsep Dasar Geografi

Disajikan kasus (wacana ) fenomena alam.siswa dapat menentukan konsep dasar yang berkaitan dengan wacana tersebut
Aspek Geografi

Siswa dapat mengidentifikasi aspek geografi
Pendekatan Geografi
Siswa dapat menggunakan pedekatan geografi untuk mengkaji fenomena geosfer
Bentuk Pergerakan Lempeng

Disajikan gambar pergerakan lempeng.siswa dapat menentukan bentuk muka bumi hasil pergerakan lempeng.

Bukti-Bukti Pergerakan Lempeng
Siswa dapat mengidentifikasi bukti-bukti pergerakan lempeng
Teori terjadinya Tata Surya
Siswa dapat menjelaskan salah satu teori terjadinya tata surya
Akibat Gerakan Planet
Siswa dapat mengidentifikasikan akibat gerakan planet
Pembentukan Jagat Raya
Siswa dapat menjelaskan salah satu teori terjadinya jagat raya


Karakteristik Galaksi
Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik anggota jagat raya/galaks

Muka Bumi Tektonik
Disajikan suatu gambar, siswa dapat menentukan bentuk muka bumi hasil proses tektonik.
Muka Bumi Vulkanik
Disajikan suatu deskripsi ,siswa dapat menentukan bentuk gunung api yang terjadinya.
Gempa Bumi

Disajikan suatu fenomena, siswa dapat menentukan isitilah yang berkaitan dengan fenomena tersebut
Klasifikasi/jenis Tanah

Disajikan faktor-faktor pembentuk tanah, siswa dapat mengidentifikasi faktor faktor pembentuk tanah.
Usaha Menjaga Kesuburan Tanah
Siswa dapat mengidentifikasi upaya pelestarian tanah di Indonesia.
Lapisan atmosfer

Disajikan gambar lapisan atmosfer, siswa dapat mengidentifikasikan lapisan atmosfer berdasarkan manfaatnya

Cuaca

Siswa dapat mengidentifikasikan angin fohn di suatu wilayah Indonesia dan dampaknya dalam kehidupan
Klasifikasi Iklim











MATERI








Siswa dapat menentukan golongan iklim suatu wilayah, berdasarkan klasifikasi iklim /ahli









INDIKATOR SOAL
Air Tanah

Siswa dapat mengidentifikasikan air tanah dalam kehidupan sehari-hari

Sungai

Disajikan gambar pola aliran sungai ,siswa dapat menentukan pola aliran sungai dan ciri cirinya.
Danau

Siswa dapat mengidentifikasi danau dan manfaatnya bagi siswa sekitarnya
Air laut

Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk morfologi pantai/relief dasar laut serta ciri cirinya .
Faktor Yang Memengaruhi Biosfer

Disajikan beberapa indikator bioma di permukaan bumi ,siswa dapat mnetukan jenis flora (bioma ) yang tersebar dipermukaan bumi.
Flora Fauna Indonesia

Siswa dapat menentukan fungsi nasional indonesia dalam rangka melindungi flora dan fauna
Flora Fauna Dunia

Disajikan jenis fauna di dunia,siswa dapat mengidentifikasi daerah persebaran Taman Nasional
Sumber Data Penduduk
Rasio Ketergantungan
Siswa dapat menentukan sumber data penduduk


Disajikan kasus keluarga, siswa dapat menafsirkan beban ketergantungan dalam kasus tersebut
Komposisi Penduduk

Disajikan piramida penduduk, siswa dapat memprediksi kebutuhan kelompok tertentu di masa mendatang
Klasifikasi Sumber Daya Alam
Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor sumber daya mineral fosil.

Siswa dapat menentukan lokasi sumber daya alam mineral tembaga.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan sumber bahan tambang marmer.

Siswa dapat menentukan manfaat pasir kwarsa.
Pelestarian Lingkungan

Siswa dapat menentukan usaha-usaha pelestarian lingkungan

Lingkungan Hidup Dalam Kaitannya Dengan pembangunan Berkelanjutan

Siswa dapat menjelaskan dampak negatif pembangunan Kaitannya Dengan pembangunan Berkelanjutan


Siswa dapat mngidentifikasi pendekatan sosial, penduduk di sekitar industri


Pembangunan Berkelanjutan

Siswa dapat menguraikan pembangunan berkelanjutan

Peta

Disajikan informasi, siswa dapat menentukan cara menggambarkan informasi tersebut dalam peta

Skala Peta

Menentukan skala peta yang belum diketahui ( memiliki) skala dan diketahui datanya.

Membaca Peta

Disajikan gambar peta topografi. Siswa dapat menentukan simbol geometrik.
Lokasi Industri

Disajikan gambar teori isodapan kritis .siswa dapat menetukan lokasi industri yang cocok.


Interpretasi Inderja


Disajikan suatu karakteristik obyek hasil penginderaan jauh ,siswa dapat menetukan jenis obyek yang digambar

Pemanfaatan Inderaja

Siswa dapat mendeskripsikan fungsi dari komponen inderaja.



Sistem Informasi Geografi

Siswa dapat menentukan sumber data SIG di Lapangan.

Manfaat SIG

Siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sistem informasi geografi ( SIG) dalam kehidupan

Pola Keruangan Desa/Kota

Siswa dapat menentukan faktor yang mempengaruhi stabilitas ekosistem pedesaan rawan akan terjadi kerusakan.

Klasifikasi desa

Disajika informasi desa, siswa dapat menentukan klasifikasi desa sesuai informasi.

Interaksi desa-kota

Siswa dapat menjelaskan dampak interaksi desa dan kota terhadap desa.

Pusat pertumbuhan

Siswa dapat menentukan factor-faktor suatu wilayah dijadikan suatu pertumbuhan

Negara berkembangn dan Negara maju

Siswa dapat mengidentifikasikan beberapa indikator untuk menetukan negara maju dan negara berkembang


Siswa dapat menentukan benua atau wilayahnya banyak Negara berkembang atau maju





HASIL ANALISIS BENTUK  SOAL UN TAHUN  2008 DAN 2009

MATERI YANG DIUJI SOAL UN 2008 SOAL UN 2009
 menjelaskan penggunaan konsep dasar dani pendekatan  geografi dalam rangka memahami geosfer gambaran itu sesuai dengan konsep Pendekatan yang membahas fenomena tersebut adalah:…
Untuk memecahkan tsb dengan pendekatan Konsep geografi yang berkenaan dengan fenomena diatas adalah 
menggunakan prinsip
 Mendikripsikan proses perkembangan pembentukan bumi
Daratan yang akan menjadi benua Asia adalah nomor
Menganalisis fenomena yang terjadi pada  lithosfer serta kaitanya dengan kehid manusia Indonesia mengalami gempa karena faktor
pertemuan lempeng ditandai denagn lempeng yang menghujam dinamakan
Muka bumi yang ada tanda X dinamakan  Bentukan hasil sedimentasi aeolis ini adalah..
Gunung Mauna Loa terjadi karena erupsi yang meghasilkan bentuk  Salah satu bentuk pelapukan didaerah kars dibawah ini adalah 
Fenomena alam yang merupakan tanda stunami adalah Letak Hiposentrum dan epsisentrum ditunjukan pada nomor
Pelapukan kimiawi di Indonesia disebabkan oleh faktor Bentuk gunung tersebut merupakan ciri-ciri letusan tipe 
Menganalisis fenomena yang terjadi pada pedosfer serta kaitanya dengan kehid manusia Berdasar proses pembentukanya terumbukarang  Upaya pemulihan dengan cara mekanik adalah:…










Menganalisis fenomena yang terjadi pada hidrofer serta kaitanya dengan kehid manusia Nomor yang menunjukan infiltrasi adalah  Perhatikan peta ,arus apakah :….
Faktor yang mempengaruhi infiltrasi adalah  Gambar tersebut adalah pola aliran sungai :….
Arus panas yang mengalir dilautan pasifik adalah Aliran sungai yang berkelok -kelok dinamakan :…

Urutan yang benar dalam siklus hidrologi adalah 


Menganalisis fenomena yang terjadi pada Atmosferr serta kaitanya dengan kehid manusia Lapisan mesosfer ditumjukan pada nomor pada gambar iklim yunghun sangat dipengaruhi oleh 
Amplitudo suhu terbesar terjadi di kota  Unsur gas yang berdampak pada iklim global adalah:…
Jenis hujan tersebut digolongkan sebagai hujan  Jenis awan berdasarkan cirinya adalah :…
Gambar manakah yang menunjukan angin lembah Jika diketahui..maka kelembaban relatifnya adalah ……
Menurut Smith ferguson termasuk iklim  Jika diketahui,maka suhu rata rata adalah:….

peristiwa ionisasi terjadi di Lapisan :….


 keanekaragaman flora dan fauna  Unsur yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah Jenis tergolong fauna ethiopia adalah :….
Contoh yang sama antara fauna Asia dan Ethiopia adalah  Jenis fauna diatas yang merupakan ndikator diatas adalah :…
Contoh Hewan peralihan di indonesia adalah 











Mendiskripsikan fenomena yan terjadi pada Astroposfer Ratio jenis kelamin 98 artinya Piramida yang menunjukan beban ketergantunagn tinggi adalah :…
Berdasarkan data diatas hitung DR  adalah  Tahun 2004 jakarta berpendudk  7.240.000 hitung jumlah th 2007
Salah satu ciripiramida  stasioner adalah 








Mendiskripsikan potensi Industri sebagai pendukung kehidupan manusia Yang termasuk aneka industri adalah  untuk engurangi pencemaran air sebaiknya industri…
Faktor yang tidak dperhatikan dalam pemusatan pemb industri adalah  Klokasi yang terbaik untuk industri pengalengan buah adalah nomor ;….
Penyebab utama menurunya kwalitas lingkungan adalah 


 menerapkan ketrampilan dasar pembuatan peta /pemetaan fenomena geosfer Jarak sebenarnya adalah  Jika A - B 4 cm maka kemiringan lereng adalah ..%
perhatikan peta,menggunakan proyeksi Hitung skala peta jika  180 km hanya 6 cm
Besarnya Azimut titik A ke B pada gambar adalah hasil proyeksi meredian melengkung,paralel lurus termasuk proyeksi..


Mengintepretasikan penginderaan jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer Obyek dan pengguna data ditunjukan pada nomor pada citra abyek terekam berwarna kelabu gelap dan tektur halus merpkan
Citra foto dengan mnggunakan spektrun 0,4- 0,7 adalah :…. Sensor dalam penginderaan jauh berfungsi untuk…
Jika pengenalan Lapangan sepak bola berdasarlan gawang maka intep Klasifikasi citra foto yang mengg gel elektromagntk dalam proses pemotretan:.
Mendiskripsikan  SIG sebagai media informasi fenomena geosfer Komponen SIG  tersebut adalah :… Sumber data SIG yang langsung diperoleh di lapangan adalah :..
Pemanfaatan SIG dalam bidang SDA menentukan :… pemanfaatan SIG dalam mitigasi bencana adalah :…


 Membedakan pola keruangan dan interaksi desa desa,desa -kota dan kota-kota  Jenis desa berdasarkan perkembanganya digolongkan menjadi Yang termasuk dampak interaksi desa dan kota terhadap desa adalah..
Pola persebaran desa  pada gambar tersebut adalah  Unsur geo yang mempengaruhi pola pemukiman desa menjadi perkampungan memusat adalah;..

Faktor yang mempengaruhi stabilitas ekosistem pedesaan shg rawan terhadap kerusakan pada kolom 
Hitung kekutan interaksi kota A - B adalah  Hitung Lokasi titk henti Kota A - B pada gambar adalah:…
Mendiskripsikan karakteristik suatu wilayah  sebagai pusat pertumbuhan dinegara berkembang dan maju    





dinegara berkembang dan maju Perh perny berikut,manakah yang merupakan ciri neg berkembang ..
Faktor kekuatan di negara maju adalah